Jumat, 14 Juni 2013

Tips dan contoh surat lamaran pekerjaan lewat Email

Jaman sudah benar-benar maju, dimana segala kemudahan tersedia bagi kita. contoh kecilnya jika anda mencari lowongan kerja, maka kita bisa mendapatkannya secara online melalui website mereka. Ini kabar baik dong, tapi masalahnya adalah masih ada yang bingung tentang bagaimana cara mengirim surat lamaran kerja secara online melalui email.
surat lamaran pekerjaan email
surat lamaran pekerjaan email
Seperti kita ketahui bahwa sudah banyak perusahaan yang mengijinkan para calon karyawan untuk mengirimkan lamaran kerja lewat email. Hal ini tentunya menguntungkan baik bagi perusahaan maupun pelamar yang sedang mencari pekerjaan. Bagi perusahaan, ini akan mengurangi jumlah surat lamaran dalam bentuk kertas yang harus mereka terima dan arsipkan. Selain itu, lebih mudah bagi perusahaan untuk mengirimkan balasan surat lamaran berbentuk email tersebut ke para pelamarnya tersebut.
Keadaan ini tentu saja menjadi motivasi terbaik bagi karyawan, karna akan sangat membantu mereka untuk mengirimkan surat lamaran kerja secara cepat dan mudahnya. Jika anda mengirimkan lamaran ke banyak perusahaan, dengan mudah anda dapat menyalin email lamaran anda sebelumnya dan menyesuaikannya. Isi surat lamaran di email, sama dengan isi surat lamaran biasa. Perbedaaannya hanyalah pengirimannya saja. Dan kali ini kita akan memberikan tips dan cara menulis email lamaran kerja yang baik dan benar beserta contoh-contohnya.
Syarat pertama adalah anda harus memiliki email, karna kita tidak akan bisa mengirim sebuah surat tanpa anda memiliki akun email. Jiika belum punya sebaiknya anda juga pelajari dahulu cara membuat email.
Tips membuat surat lamaran email
Pertama adalah pilihlah judul surat/email lamaran kerja yang tepat sasaran. Intinya adalah berikan judul yang mampu menjelaskan, untuk pembaca segera mengetahui maksud dari email anda. Karena itu tuliskan judul lamaran email yang jelas tetapi singkat. Sebagai contoh, anda dapat menuliskannya sebagai berikut “Lamaran untuk Posisi Manajer Pemasaran”.
Baca dengan baik iklan lowongan kerja tersebut. Sering kali mereka meminta anda menuliskan kode tertentu di judul atau subject email anda. Terutama jika pada saat yang bersamaan mereka mempunyai beberapa lowongan pekerjaan.
Kedua, Dimanakah tepatnya surat lamaran dituliskan? Nah ada 2 opsi umum, biasanya bisa dalam satu file saja atupun bisa langsung pada bodi email itu sendiri tanpa lampiran. Sesuai ketentuan umum berbagai perusahaan yang bergerak di bidang recruiting baik perusahaan nasional maupun multinational. Bahwa surat lamaran (cover letter) dapat langsung ditulis pada badan email (di dalam email).
Jangan menulis resume anda di badan email. Tuliskan dalam file tersendiri dan jadikan sebagai lampiran (attach) email anda.
Tips : Usahakan ukuran email anda termasuk lampirannya (attach) tidak melebihi 300 kb. Ukuran email ini terutama dipengaruhi oleh ukuran file yang di-attach (dilampirkan). Karena itu periksa besar file yang anda lampirkan. Jika anda diminta menyertakan foto, jangan masukkan file foto yang size-nya (bobot filenya) terlalu besar. Perkecil size-nya (bobot filenya) dengan menggunakan berbagai jenis program photo editor.
Sebelum mengirimkan email lamaran-nya, sebaiknya anda melakukan ujicoba terlebih dahulu. Untuk surat lamaran yang dikirim lewat email, selain melakukan proof read, anda juga perlu melakukan uji coba pengiriman. Lakukan ini dengan mengirimkan email lamaran anda, lengkap dengan attachment-nya ke alamat email anda yang lainnya. Dengan ini kita bisa membandingkan dan menkoreksi beberapa kekuranga dari surat lamaran yang telah kita buat.

Contoh (email) Lamaran


Contoh Surat 1
To/ke = alamat@website.com
cc= (kosongkan)
Judul/subject email: Lamaran Pekerjaan
Isi email:
Dengan hormat,
Bpk. Ilyas Purnama, seorang asisten di PT. Penerimaan Pekerjaan menginformasikan kepada saya tentang rencana pengembangan dan penambahan tenaga di Departement Marketing PT. Penerimaan Pekerjaan Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini perkenankan saya mengajukan diri untuk bergabung serta menjadi bagian dalam rencana pengembangan PT. Penerimaan Pekerjaan tersebut.
Mengenai diri saya, dapat saya jelaskan sebagai berikut :
Nama : ………………………………..
Tempat & tgl. lahir : ………………………………..
Pendidikan Akhir : ………………………………..
Alamat : ………………………………..
Telepon (HP) : ………………………………..
e-mail : ………………………………..
Status Perkawinan : ……………………………….. (single/nikah)
Saat ini saya bekerja di PT. Alim Rugi, sebagai staf Marketing, dengan fokus utama pekerjaan di bidang promosi.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
Daftar Riwayat Hidup.
Foto copy ijazah S-1.
Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
Pas foto terbaru.
Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Seperti yang tersirat di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.
Demikian saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak.
Hormat saya,
………………….
Contoh surat 2
To : alamatemail.tujuan@webiste.com
Cc : -(kosongkan)
Subject : Surat Lamaran Kerja

Isi email:
Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi pada blog/website, bahwa “Nama PT Perusahaan” membutuhkan beberapa lowongan operator Internet, maka yang bertanda tangan di bawah ini, saya :
Nama : Shinta pencari kerja
Alamat : Jln Paling sempit, Daerah gelap -surabaya
Tempat, Tanggal Lahir : Imogiri, 17 Oktober 1990
Pendidikan : SMK Negeri 2013
Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.
Bersama ini saya lampirkan satu lembar daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan dalam bentuk attachment.
Bila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan untuk dites dan diwawancarai.
Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.
Hormat saya,
…………………..
Shinta pencari kerja
Demikianlah untuk Tips dan contoh surat lamaran kerja melaui email yang bisa anda gunakan sebagai Contoh untuk membuat sebuah Surat Lamaran Kerja Via Email untuk mendapatkan pekerjaan dalam waktu dekat, akhir kata…salam sukses !!!

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
Free Monkey ani Cursors at www.totallyfreecursors.com